TikTok merupakan media sosial yang sedang naik daun belakangan ini. Penggunaannya pun bukan hanya untuk eksistensi pribadi saja, tetapi juga branding bisnis. Pengelolaannya pun bisa menggunakan SMM Panel IrvanKede agar lebih maksimal untuk kebutuhan marketing.

Aplikasi media sosial ini juga bisa kamu gunakan untuk mendapatkan uang. Untuk mendapatkannya pun sangat mudah. Kamu tidak harus berada di kantor setiap hari untuk menjadikannya sebagai penghasilan tambahan.

Platform ini memberi kesempatan untuk penggunanya agar bisa memperoleh uang secara nyata. Misalnya dari video viral yang kamu unggah kemudian masuk sebagai FYP (For Your Page). Tetapi dengan menonton video juga memiliki kesempatan untuk melakukan monetisasi akun.

Lebih lanjut, bagaimana sih cara menghasilkan uang dari TikTok? Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Bergabung dengan TikTok Affiliate

TikTok affiliate adalah program yang memungkinkan untuk menghasilkan uang dengan mempromosikan atau merekomendasikan produk atau jasa. Caranya melalui konten yang kamu bagikan di platform TikTok atau memanfaatkan SMM Panel IrvanKede.

Ketika kamu menjadi bagian dari program afiliasi TikTok, kamu akan diberi tautan afiliasi khusus yang dapat kamu bagikan.

Lalu, ketika pengguna TikTok lain klik tautan afiliasi tersebut dan melakukan tindakan tertentu seperti melakukan pembelian produk atau mendaftar layanan maka kamu akan mendapatkan komisi atau penghasilan. 

Komisi ini biasanya berdasarkan persentase dari nilai pembelian atau tindakan yang dilakukan oleh pengguna yang klik tautan afiliasi tersebut.

Agar bisa mengikuti program afiliasi TikTok, kamu perlu mendaftar ke program afiliasi yang disediakan oleh perusahaan atau merek yang ingin kamu promosikan. Mereka akan meninjau aplikasi kamu dan menentukan apakah kamu memenuhi syarat untuk menjadi mitra afiliasi mereka.

Menjadi Influencer

Influencer merupakan orang yang memiliki kemampuan dalam mempengaruhi orang lain melalui berbagai konten. Jika kamu bisa membuat video pendek yang menarik perhatian orang maka mereka akan mengikuti akun kamu dan terus menonton video-video kamu.

Jika kamu menjadi seorang influencer di TikTok, kamu bisa melakukan kerja sama untuk promosi produk. Dari sini, kemudian kamu bisa mendapatkan imbalan terlebih saat ini TikTok sudah mempunyai fitur, seperti Brand Takeover, Creator Fund, Branded Hashtag Challenge, dan lain-lain. Fitur ini memudahkan kamu untuk menghasilkan yang.

Fokus pada topik atau niche tertentu, melakukan interaksi dengan followers, dan konsisten membuat konten menjadi strategi jitu sebagai influencer. Jika sudah terkenal dan kerepotan mengelolanya, kamu bisa memanfaatkan SMM Panel IrvanKede.

Membuat Sponsored Content Post

Sponsored Content Post adalah membuat konten yang disponsori merek atau perusahaan tertentu. Kemudian kamu menerima pembayaran atau imbalan dalam bentuk uang atau barang untuk mempromosikan produk atau layanan mereka kepada followers TikTok.

Sebagai seorang konten kreator atau influencer, Sponsored Content Post menjadi cara untuk bekerja sama dengan merek dan mengintegrasikan promosi mereka ke dalam konten. Ini bisa berupa foto, video, ulasan, penempatan produk, atau konten lain yang mencerminkan merek tersebut.

Ketika kamu membuat Sponsored Content Post, kamu akan mencantumkan tagar atau caption. Tujuannya untuk menunjukkan konten tersebut adalah konten yang disponsori atau berkolaborasi dengan merek tertentu. 

Di sini, kamu membantu merek mencapai audiens yang terdiri dari followers setia dan berinteraksi dengan konten kamu. Sehingga kamu berperan sebagai perantara antara merek dan followers, memberikan eksposur, dan merekomendasikan produk atau layanan yang relevan dengan audiens kamu.

Pengelolaan konten sponsor ini bisa dilakukan menggunakan SMM Panel IrvanKede. Hal ini untuk mengurangi kerepotan kamu untuk membuat konten menarik.

Menyelesaikan Misi TikTok

Aplikasi TikTok menyediakan berbagai misi yang bisa kamu ikut, misalnya menonton video atau mengundang teman. Tiap misi yang berhasil kamu selesaikan, TikTok memberikan hadiah berupa koin atau uang tunai.

Selain mendapatkan hadiah, konten video pendek yang kamu buat juga berkesempatan memperoleh eksposur yang lebih besar sebab akan dipromosikan oleh TikTok.

Jualan Produk

Fitur TikTok Shop membantu kamu yang ingin mendapatkan uang dari berjualan melalui media sosial. Meskipun fitur ini belum lama, tetapi sudah menjanjikan. Pengguna bisa langsung melakukan pembelanjaan secara langsung melalui aplikasi TikTok tanpa harus membuka aplikasi marketplace.

Cara mendaftar sebagai penjual di sini pun sangat muda. Ikuti persyaratan yang ada pada platform tersebut, kemudian unggah produk beserta caption lengkap layaknya pada marketplace. Kemudian kamu tinggal menunggu konsumen membeli produk tersebut.

Agar lebih maksimal, kamu bisa memanfaatkan fitur Live untuk membantu promosi produk. Hal ini sudah banyak dilakukan oleh penjual di TikTok. Kamu bisa memberikan promo atau diskon produk untuk pengguna yang menonton live TikTok.

Untuk mempermudah pengelolaan TikTok Shop, kamu bisa memanfaatkan SMM Panel IrvanKede. Tidak hanya itu saja, jasa ini juga akan membantu pemasaran dan branding produk.

Donasi dari Live Gifting

Donasi dari live gifting adalah hadiah yang dari penggemar atau pemirsa selama melakukan live di TikTok. Ketika kamu live, pengguna lain dapat memberikan hadiah virtual sebagai bentuk dukungan atau apresiasi.

Di TikTok, hadiah virtual dikenal sebagai koin TikTok. Pengguna dapat membeli koin TikTok dengan uang nyata dan mengirimkannya kepada konten kreator yang mereka sukai selama live. Setiap koin TikTok memiliki nilai moneter tertentu.

Sebagai konten kreator, kamu dapat mengumpulkan koin selama live. Setelah kamu mengumpulkan koin tersebut, tukarkan dengan uang nyata. TikTok mengatur sistem pembayaran yang memungkinkan konten kreator menerima penghasilan dari koin TikTok yang mereka terima.

Donasi live gifting bisa menjadi sumber pendapatan tambahan bagi konten kreator di TikTok. Pengguna yang mengirim hadiah virtual tidak hanya memberikan dukungan finansial, tetapi juga menunjukkan apresiasi terhadap konten dan keterlibatan konten kreator.

Menonton Video

Kamu bisa mendapatkan uang dari TikTok hanya dengan menonton video saja. TikTok memiliki misi untuk menonton video dalam kurun waktu tertentu. Hadiah yang kamu dapatkan berupa koin yang bisa kamu konversi menjadi uang nyata.

Tonton video dengan durasi 30 menit untuk bisa memperoleh 7000 koin. Caranya yaitu dengan klik logo bagian hadiah pada laman TikTok. Kemudian scroll hingga ke bagian Cara lain untuk Mendapatkan Poin lalu klik tombol merah dan mulai menonton video.

Tips Monetisasi TikTok

Bagaimana kamu tertarik bukan untuk mendapatkan uang dari TikTok. Tetapi melakukan monetisasi dari akun media sosial ini tidaklah semudah itu. Kamu harus menerapkan strategi khusus untuk sukses mendapatkan penghasilan.

Sebagai informasi untuk kamu, berikut ini beberapa tips melakukan monetisasi TikTok yang bisa kamu lakukan.

Branding

Agar kamu bisa memperoleh uang dari aplikasi TikTok, kamu harus membuat branding. Hal ini sebagai langkah awal kamu memulai pemasaran bisnis yang bisa dibantu SMM Panel IrvanKede.

Melalui branding inilah audiens akan mengetahui eksistensimu, produk yang kamu jual, target pasar, dan lain-lain. Jadi sebelum kamu fokus mendapatkan uang, sebaiknya lakukan branding terlebih dahulu menggunakan video yang kamu posting. Jangan khawatir, SMM Panel IrvanKede bisa membantumu.

Misalnya kamu bisa fokus membuat konten video lucu, motivasi, edukasi, romantis, dan lain-lain. Tergantung bagaimana bisnis kamu menyasar target audiens. Kalau masih bingung soal target audiens, kamu bisa memanfaatkan bantuan SMM Panel IrvanKede.

Posting Konten Viral

Jika kamu masih bingung dalam membuat konten menarik, cobalah untuk membuat konten yang sekira viral atau banyak orang yang menyukainya. Tetapi bukan berarti kamu menjiplak sepenuhnya konten tersebut.

Agar lebih fresh, kamu bisa melakukan inovasi dengan menggunakan kreativitasmu. Sehingga konten kamu tidak membosankan dan memiliki unsur kebaruan. Hal ini bisa kamu lakukan dengan memanfaatkan SMM Panel IrvanKede.

Konsisten Membuat Konten

Branding bisa berlaku maksimal apabila kamu konsisten dalam melakukan postingan video. Jika kamu ingin terkenal layaknya influencer, kamu harus rutin dan aktif.

Seorang influencer membutuhkan usaha penuh untuk bisa memperoleh uang. Sehingga usahakan kamu selalu menyiapkan konten video menarik dalam periode waktu tertentu.

Jangan sampai kamu berhenti dalam membuat konten. Sebab, cara ini akan membuat followers akun kamu menentukan konten terbaru dari kamu.

Pastikan kamu juga disukai followers, sehingga mereka suka rela membagikan video kamu. Baik re-posting di TikTok ataupun ke akun media sosial lain. Hal ini akan membantu kamu meningkatkan jangkauan akun hingga ke luar platform TikTok.

Memperoleh Followers Sebanyak-banyaknya

Ketika kamu aktif dan rutin membuat konten menarik maka pengguna semakin mengetahui eksistensimu. Dari sinilah kamu bisa memperoleh lebih banyak followers.

Memiliki banyak followers merupakan hal penting untuk meningkatkan branding. Sebab, untuk memperoleh uang, kamu harus memiliki followers minimal 10 ribu. Barulah kamu bisa melakukan monetisasi dari TikTok.

Kamu harus memahami apa saja yang ingin ditonton oleh target audiens kemudian buatlah konten menarik yang dilakukan secara konsisten. Libatkan mereka pula dalam konten yang kamu buat misalnya dengan membuat Question and Answer sederhana dengan followers. Cara ini bisa meningkatkan interaksi kamu dengan followers.

Kalau kamu masih bingung bagaimana memperoleh lebih banyak followers gunakan saja SMM Panel IrvanKede. Kamu tidak lagi repot mengelola akun kamu agar mencapai tujuan.

Promosi Konten pada Platform Lain

Konten kamu akan semakin terkenal apabila muncul pada berbagai platform media sosial misalnya Twitter, Instagram, Facebook, dan lain-lain. Meskipun platform tersebut saling bersaing, tetapi konten kreator mempunyai pola pikir yang jenius untuk mengembangkan kontennya.

Hal ini juga bisa membantu meningkatkan engagement. Promosi semacam ini bukan hanya bisa menciptakan branding, tetapi juga mengajak orang untuk bergabung dengan TikTok. 

Kriteria Konten FYP

Membuat konten yang populer haruslah masuk dalam kategori FYP (For Your Page). Hal ini bisa saja dilakukan oleh SMM Panel IrvanKede dengan mudah tetapi paling tidak kamu harus memahami kriteria apa saja yang bisa masuk dalam konten FYP. Berikut ini beberapa kriteria yang dimaksud.

Interaksi Pengguna

Semakin banyak komentar pada suatu konten video, maka semakin banyak pengguna yang bereaksi terhadap video tersebut. Sehingga kalau ada komentar yang masuk ke konten video kamu, sebaiknya dibalas.

Informasi Video

Informasi dalam konten video yang kamu buat harus menarik agar mampu memancing pengguna untuk menontonnya. Video yang dibuat juga bukan hanya berupa hiburan, kamu juga bisa menyuguhkan informasi penting untuk pengguna.

Preferensi Akun

Konten video yang masuk ke dalam daftar FYP biasanya didasarkan pada preferensi penggunanya. Tiap pengguna TikTok pasti memiliki kecenderungan, minat, dan aktivitas berbeda dalam menggunakan TikTok.

Kamu hanya bisa masuk ke dalam FYP orang-orang sesuai preferensi mereka. Jadi, pilih yang sekiranya paling banyak diminati pengguna TikTok.

Cara Membuat Konten Video FYP

Lalu, bagaimana cara membuat konten video agar FYP? Yuk simak berikut ini penjelasan lengkapnya.

Mengikuti Tren

Kamu harus selalu update untuk bisa masuk ke dalam FYP. Pahami isu apa saja yang sedang banyak dibahas oleh masyarakat. Lalu, buat video yang berdasarkan isu hangat.

Video yang kamu buat juga bisa mengangkat berbagai tema yang sedang tren. Sehingga memungkinkan kamu memperoleh banyak atensi penonton.

Menggunakan Hashtag yang Tepat

Dalam konten video, sebaiknya kamu bubuhkan caption serta hashtag yang tepat agar bisa masuk dalam daftar FYP. Hashtag bermanfaat untuk meningkatkan engagement. Sehingga konten kamu mudah untuk diakses target audiens.

Mencuri Perhatian Penonton Mulai Detik Pertama

Karena konten video dalam TikTok berupa video singkat. Tiap detik konten yang kamu buat haruslah mampu menarik perhatian. Kalau dalam detik pertama saja video tidak menarik, potensi pengguna langsung skip sangat tinggi. 

Sehingga asahlah kreativitas kamu untuk bisa membuat konten video yang mampu mencuri perhatian penonton mulai dari detik pertama.

Video Singkat dan Informatif

Video singkat memungkinkan pengguna cepat paham atas informasi yang disampaikan. Video yang terlalu panjang justru cenderung membosankan dan membuat pengguna melewatkannya. Tetapi baik panjang atau pendek, video haruslah memiliki alur yang jelas dan mudah untuk dipahami. 

Bagi kamu yang lebih suka video singkat, sebaiknya buat video yang sifatnya tidak hanya hiburan semata. Tetapi juga mudah untuk ditangkap apa maksudnya.

Menggunakan Lagu yang Sedang Viral

Cara paling sederhana agar video kamu bisa masuk FYP adalah dengan menggunakan lagu viral. TikTok adalah platform yang terkenal dengan ragam musik. Kamu bebas menggunakan lagu tersebut tanpa khawatir adanya copyright.

Sehingga jangan ragu menggunakan musik yang sedang viral. Jika diperlukan, ikutilah challenge yang sedang berlangsung. Sehingga algoritma TikTok bisa mengantarkan konten video kamu pada orang-orang dengan selera musik serupa.

Membangun Interaksi

Untuk bisa masuk dalam FYP, paling tidak kamu harus membangun interaksi dengan pengguna. Kamu bisa mengasah kreativitasmu mengenai bagaimana interaksi bisa terjalin dengan baik.

Fokus pada 2 – 3 Niche

Eksperimen memang dibutuhkan untuk bisa masuk dalam FYP di TikTok. Tetapi jangan lupa mengenai data dari konten video yang kamu buat. Jika sudah membuat eksperimen, sebaiknya temukan dua sampai tiga video yang paling banyak orang sukai.

Kemudian fokus untuk membangun video menggunakan niche yang bagus. Sehingga konten video kamu bisa berada di halaman FYP pada target audiens.

Perlu kamu ketahui bahwa membangun TikTok agar bisa monetisasi sangat panjang. Kamu harus rutin membuat konten video FYP, memperbanyak followers, hingga bisa menikmati hasilnya. Sehingga kamu perlu kerja keras untuk mencapai tujuan kamu terutama jika kamu adalah seorang pebisnis yang ingin meningkatkan angka penjualan.

Hal tersebut bisa kamu capai dengan mudah menggunakan SMM Panel IrvanKede. Pengelolaan akun media sosial, mulai dari postingan hingga laporan data bisa kamu peroleh tanpa repot.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara mendapatkan uang dari TikTok lengkap dengan tips, kriteria FYP, dan cara membuat video agar FYP. Semoga bermanfaat!

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *