Apabila Anda merupakan pengguna media dan ingin mempelajari tips social media marketing, bisa simak informasinya di bawah ini. Terlebih lagi melihat banyak pengguna media sosial di zaman sekarang dan saat ini banyak dimanfaatkan untuk berbisnis. Ada sejumlah jenis media sosial yang sering digunakan untuk mencari hiburan, informasi, berbisnis dan masih banyak lagi.

Social media marketing adalah strategi pemasaran dengan memanfaatkan media sosial agar dapat terhubung dengan audiens. Tujuannya tidak lain untuk meningkatkan penjualan, membangun brand, mengarahkan traffic ke website perusahaan atau bisnis Anda, interaksi atau engagement dan yang lainnya. Ada beberapa tips jitu meningkatkan engagement dengan followers dan cara lainnya.

Cara Meningkatkan Engagement dengan Followers

Tips jitu meningkatkan engagement di media sosial dengan followers dan cara lainnya adalah:

1. Mengunggah Konten secara Rutin

Tips pertama yang harus Anda perhatikan untuk meningkatkan engagement di media sosial adalah cobalah unggah konten akun media sosial secara rutin. Cara yang satu ini sangat jitu untuk membuat adanya interaksi dengan pengguna media sosial yang lain atau calon pembeli. Dengan mengunggah konten secara rutin juga membuat bisnis Anda terlihat profesional dan aktif.

Mereka bisa melihat beberapa aktivitas yang dilakukan di media sosial dan semakin sering mengunggah konten, seperti produk atau layanan yang kamu berikan akan membuat mereka lebih mengenal brand Anda. Audiens akan terlibat lebih banyak apabila kamu sering posting konten di dalamnya.

Pastikan juga Anda posting konten di media sosial yang menarik supaya bisa membuat audiens meninggalkan komentar, like, membagikan postingan hingga mengikuti akun media sosial Anda. Ini juga menjadi salah satu strategi social media marketing yang paling umum untuk meningkatkan engagement.

Anda juga dapat mengikuti tren yang ada di media sosial dan memodifikasinya sesuai dengan kreativitas dan juga berhubungan dengan bisnis yang Anda jalani. Apabila konten yang Anda buat sesuai dengan target bisnis, pastinya akan semakin ramai dan meningkatkan engagement.

2. Menggunakan Gambar Menarik

Saat membuat konten yang akan Anda posting di media sosial sebaiknya memperhatikan kualitasnya. Tentu saja followers Anda akan merasa tertarik dengan postingan yang menarik di media sosial. Oleh sebab itu, Anda harus menggunakan gambar yang menarik agar banyak followers yang menyukai postingan Anda hingga meninggalkan komentar.

Anda bisa memilih gambar yang menarik dan estetik setiap kali posting di media sosial. Anda juga dapat memakai gambar yang bisa menarik emosi audiens sehingga mereka dapat terhubung. Perhatikan gambar yang akan dijadikan sebagai konten berkaitan dengan produk, jenis bisnis, caption di postingan Anda.

Jangan sampai semuanya tidak nyambung sebab hal ini akan membuat audiens tidak melakukan interaksi. Dengan kata lain, mereka tidak tertarik dengan postingan Anda di akun media sosial tersebut.

3. Memperhatikan Waktu Posting

Tips social media marketing untuk meningkatkan engagement dengan jitu selanjutnya adalah Anda harus memperhatikan waktu posting. Perlu Anda ketahui agar bisa meningkatkan engagement dengan followers dengan mudah, Anda perlu mencari waktu yang tepat untuk posting di akun media sosial. Pasalnya ada waktu-waktu tertentu yang sangat tepat untuk posting di media sosial sehingga banyak audiens yang melihatnya.

Waktu yang tepat untuk posting di akun media sosial adalah jam makan siang dan jam pulang kerja. Di waktu-waktu itulah biasanya banyak pengguna media sosial yang mengecek akun mereka. Anda memiliki kesempatan untuk posting produk atau layanan melalui media sosial pada jam tersebut sehingga banyak audiens yang melihatnya.

Manfaat lainnya memperhatikan waktu posting di media sosial adalah supaya banyak pengguna yang like dan meninggalkan komentar karena sebagian besar dari mereka sedang online di media sosial. Menentukan waktu posting di media sosial juga bisa dilakukan dengan cara membuat riset terlebih dahulu.

Contohnya dengan cara coba Anda unggah postingan di jam tertentu dan melihat feedback dari audiens atau pengguna media sosial yang dihasilkan. Dengan cara ini, Anda bisa lebih mudah membuat jadwal posting konten dan memperoleh hasil engagement lebih tinggi. Biasanya tidak semua jenis media sosial memiliki jadwal posting yang sama untuk mendapatkan interaksi dengan audiens lebih banyak.

Itulah sebabnya Anda perlu melakukan riset di setiap jenis platform media sosial yang digunakan. Hindari posting di waktu yang bersamaan untuk mendapatkan perhatian audiens terhadap postingan bisnis Anda di media sosial.

4. Memanfaatkan Fitur yang Tersedia

Umumnya di setiap media sosial memiliki fitur yang berbeda-beda dan Anda bisa memanfaatkannya dengan baik untuk meningkatkan engagement dengan followers. Contohnya adalah platform Instagram memiliki fitur reels sedangkan Twitter memiliki fitur space. Anda dapat memaksimalkan semua fitur yang ada di platform media sosial yang Anda miliki untuk melakukan strategi social media marketing satu ini.

Anda juga perlu mempelajari jenis konten yang sedang viral di setiap platform media sosial supaya tidak ketinggalan zaman dan juga bisa menarik audiens. Mereka pasti akan meninggalkan komentar, like hingga membagikan postingan Anda ke orang lain.

Instagram memiliki fitur polling dan Q&A yang sedang banyak digunakan oleh para pengguna. Nah, dengan fitur ini Anda bisa menciptakan sejumlah konten yang lebih menarik dan juga berkaitan dengan bisnis Anda. Hal ini bisa membuat audiens jadi ingin terlibat setelah melihat postingan yang Anda buat sebelumnya.

Contohnya mereka akan menjawab Q&A mengenai produk atau layanan yang Anda berikan dan ini sangat menguntungkan bagi bisnis Anda. Anda akan tahu ketertarikan mereka dengan produk atau layanan yang Anda miliki melalui fitur ini. Selain itu, Anda juga akan tahu apa kebutuhan mereka dengan menjawab sejumlah pertanyaan yang sudah disediakan.

5. Menggunakan Strategi secara Tepat

Tips berikutnya supaya bisa meningkatkan engagement dengan followers adalah pastikan Anda menggunakan strategi yang tepat. Sama halnya dengan strategi pemasaran yang lainnya, di mana digital marketing yang dilakukan di media sosial membutuhkan strategi yang baik dan tepat.

Tidak ada satu strategi secara khusus yang diterapkan saja, namun ada banyak strategi pemasaran lainnya yang bisa Anda gunakan. Hal ini bisa membuat Anda akan mendapatkan apa strategi yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Seperti yang kita ketahui ada banyak jenis bisnis yang dijalankan dan tentu membutuhkan strategi pemasaran yang sesuai.

Apabila Anda tidak menerapkan strategi pemasaran yang tepat, kemungkinan besar tidak akan berdampak untuk bisnis Anda. Anda bisa mencoba beberapa SMM yang jitu dan tepat sesuai dengan jenis bisnis yang dijalankan.

6. Berkomunikasi Dua Arah

Strategi atau tips social media marketing untuk meningkatkan engagement adalah dengan cara berkomunikasi dua arah. Melakukan strategi SMM tidak hanya untuk pebisnis saja, namun juga akan melibatkan dengan pengguna media sosial apabila Anda ingin meningkatkan engagement atau interaksi dengan mereka.

Itulah sebabnya Anda perlu membangun komunikasi dua arah agar terjadi interaksi yang dapat dikonversikan jadi engagement dengan followers. Cobalah membangun interaksi secara kuat dengan followers. Anda juga perlu menjaga interaksi yang terjadi lebih natural dan mengalir supaya dapat mempertahankan engagement.

Trik membangun komunikasi secara dua arah dapat dilakukan dengan cara, seperti meminta opini kepada followers Anda melalui komentar. Anda juga dapat menarik followers dengan cara berinteraksi melalui postingan foto atau video yang ada di akun media sosial. Usahakan membalas beberapa komentar yang mereka tinggalkan di postingan Anda sehingga dapat terjadi interaksi secara terus menerus.

Dengan cara ini, followers merasa lebih dekat dengan pemilik akun sebab mereka dilibatkan secara langsung meski melalui komentar saja.

7. Mengikuti Tren yang Sedang Viral

Sangat penting bagi Anda yang memiliki media sosial untuk berbisnis mengikuti tren postingan atau konten yang sedang viral karena ini merupakan trik social media marketing yang jitu juga. Contohnya adalah menggunakan back sound yang sedang banyak digunakan viral di media sosial. Anda harus bisa melihat peluang marketing yang saat ini sedang banyak diperbincangkan di dalam dunia media sosial.

Hal ini bisa dilakukan supaya Anda mendapatkan perhatian lebih dari followers di akun media sosial. Rahasia untuk meningkatkan engagement tersebut bisa Anda coba untuk melihat respon dari para followers, teman di media sosial atau bahkan subscriber Anda. Trik ini tidak hanya dapat diterapkan untuk akun media sosial pribadi saja, namun juga untuk mendongkrak marketing pada bisnis online yang Anda miliki.

8. Memberikan Challenge atau Ulasan

Challenge atau ulasan merupakan salah satu strategi social media marketing agar bisa menaikkan engagement rate di sejumlah platform media sosial. Contohnya saja Anda mempunyai produk kosmetik dan cobalah memberikan challenge kepada followers atau pengguna media sosial untuk mereview sejumlah produk yang Anda miliki.

Jangan lupa untuk memberikan beberapa produk kosmetik gratis kepada mereka yang memberikan review paling menarik. Pastinya cara ini sangat unik untuk meningkatkan engagement dan juga bisa meningkatkan penjualan bisnis Ada. Dengan membuat challenge seperti ini, secara langsung bisa membentuk trust pelanggan dengan cara memberikan layanan yang baik untuk mereka.

Hal ini juga bisa membuat followers Anda membeli produk yang dijual dan ini jadi satu langkah yang baik untuk meningkatkan penjualan produk Anda.

9. Memberikan Giveaway

Trik social media marketing untuk meningkatkan engagement yang tidak kalah pentingnya adalah memberikan giveaway. Selain Anda bisa memberikan challenge atau ulasan kepada para followers di media sosial, namun juga bisa memberikan giveaway kepada mereka. Ini adalah salah satu trik meningkatkan engagament dengan followers yang paling jitu untuk dicoba.

Seperti yang kita ketahui, pasti semua orang suka dengan hadiah dan Anda bisa memanfaatkan giveaway kepada semua para followers Anda. Memberikan giveaway ini merupakan salah satu trik marketing yang sangat jitu sebab bisa membuat followers menjadi lebih dekat. Cara ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan engagement sebab Anda bisa melakukan interaksi dengan followers maupun subscriber secara langsung.

Anda dapat membuat beberapa syarat dan ketentuan untuk like, share, komentar, tak orang terdekat dan lainnya dalam memberikan givaway kepada mereka. Apabila semakin banyak pengguna atau followers yang banyak mengikutinya, maka bisa menaikkan branding Anda.

10. Menawarkan Promo Menarik

Menawarkan promo menarik juga menjadi bagian dari strategi social media marketing yang paling jitu. Apabila Anda akan menggunakan marketing produk, bisa dilakukan dengan cara memberikan promo menarik kepada followers atau audiens. Apabila target pasar sudah sesuai dengan harapan, cara meningkatkan penjualan akan lebih mudah dilakukan.

Anda bisa menawarkan promo pembelian produk yang menarik kepada mereka karena promo seperti ini pasti sulit ditolak oleh mereka. Pembeli pasti akan segera memanfaatkan kesempatan promo yang Anda berikan. Bahkan setelah mereka mendengarkan ada penawaran promo yang menarik bisa memberikan informasi ke pengguna media sosial lain untuk membelinya juga.

Memberikan promo menarik sangat jitu untuk meningkatkan penjualan produk Anda secara cepat. Anda juga bisa posting promo produk di sejumlah platform media sosial lainnya supaya lebih banyak pelanggan yang membeli.

11. Memberikan Konten Interaktif

Salah satu strategi social media marketing untuk meningkatkan engagement dengan mudah dan cepat adalah memberikan konten interaktif. Masih banyak pengguna media sosial yang belum mencoba trik satu ini. Apalagi engagement rate adalah istilah menaikkan interaksi dengan audiens di dalam media sosial, sehingga semakin banyak interaksi yang terjadi, semakin tinggi rating postingan Anda di sana.

Ada 3 jenis konten interaktif yang bisa Anda coba, seperti konten inspiratif, edukatif dan informatif. Konten inspiratif merupakan konten yang isinya mengenai hal yang bisa menjadi inspirasi untuk orang lain untuk jadi pribadi yang lebih baik. Konten edukatif merupakan konten yang isinya mengenai hal baru yang memberikan edukasi kepada orang lain, seperti tips parenting, tips diet, tips lancar bahasa Inggris dan yang lainnya.

Konten informatif merupakan konten yang isinya mengenai fakta-fakta ilmiah budaya, alam semesta, adat istiadat hingga konten yang berkaitan dengan informasi aktual terbaru dari segala penjuru dunia. Konten menarik adalah salah satu trik untuk meningkatkan engagement di media sosial sehingga Anda bisa memberikan postingan interaktif kepada followers.

12. Fokus Menambahkan Teman, Bukan Sekedar Followers

Strategi social media marketing yang cukup menarik untuk meningkatkan engagement adalah fokuslah menambah teman, bukan sekedar followers. Terlebih lagi bagi Anda yang merupakan pengguna akun media sosial pemula. Janganlah terburu-buru menambahkan followers, namun manfaatkan waktu yang ada dengan baik.

Anda bisa memulainya dengan melakukan riset agar bisa mendapatkan cara yang baik. carilah komunitas yang memiliki minat atau ketertarikan yang sama. Anda harus saling mendukung dengan postingan lainnya, seperti memberikan like atau meninggalkan komentar di postingan orang lain, khususnya yang berkaitan dengan produk Anda.

13. Menganalisis Engagement

Trik terakhir adalah apabila semua tips dan trik sudah Anda terapkan, maka sebaiknya melakukan analisis engagement terus menerus. Anda bisa memperhatikan cara-cara yang sudah dilakukan telah berhasil untuk meningkatkan engagement atau belum. Caranya adalah dengan melihat jumlah likes, komentar, followers hingga shares di setiap postingan yang sudah Anda unggah di media sosial.

Periksa lagi apakah ada kekurangan maupun kelebihan dari setiap aspek dan cobalah Anda melakukan perbaikan di kemudian hari. Jika Anda merasa kesulitan dapat memanfaatkan sejumlah tools di media sosial analitik yang tersedia di setiap platform media sosial.

Nah, jadi itulah beberapa strategi social media marketing untuk meningkatkan engagement dengan followers yang bisa Anda coba melalui beberapa platform media sosial.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *