Instagram adalah media sosial yang memiliki banyak pengguna di Indonesia. Tidak hanya untuk kebutuhan eksistensi personal saja, tetapi juga untuk kebutuhan digital marketing. 

Pebisnis berlomba-lomba menggunakan social media marketing untuk mendongkrak popularitasnya di Instagram. Media sosial ini memungkinkan konten visual menarik yang bisa unggul dan menjadi tren.

Perkembangan media sosial yang semakin cepat membuat perusahaan harus mengejar ketertinggalan. Sebagai pebisnis, kamu membutuhkan bantuan social media marketing untuk mengelolanya agar mencapai target yang sesuai.

Apalagi Instagram meluncurkan fitur terbaru yang membuat para penggunanya semakin betah. Berbagai fitur terbarunya bisa dikelola oleh jasa social media marketing. Penasaran apa saja? Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Pin Postingan

Pin postingan memungkinkan kamu tidak akan kehilangan feed atau postingan. Kamu bisa menempelkannya pada bagian atas profil kamu dengan fitur ini. 

Caranya yaitu dengan memilih foto atau reels yang ingin kamu tempelkan. Pada bagian sudut kanan atas dari postingan, klik ikon tiga titik dan klik Tempelkan ke profil Anda. Setelahnya, postingan kamu akan berada di atas feed.

Fitur ini sangat berguna untuk pebisnis untuk menarik perhatian pengunjung terhadap promosi yang berlangsung. Bisa juga untuk menampilkan suatu acara tertentu atau memperlihatkan konten paling populer dari akun kamu.

Sehingga ketika pengunjung masuk ke dalam profil kamu. Konten yang kamu prioritaskan akan muncul di bagian atas feed. Mereka tidak perlu scroll ke bawah untuk melihatnya. 

Hidden Words

Hidden words merupakan fitur yang berkaitan dengan konten yang direkomendasikan. Fitur ini sebelumnya sudah ada di Direct Message. Tetapi Instagram melakukan upgrade dengan menerapkannya pada bagian Rekomendasi.

Sehingga jika kamu tidak menginginkan kata tertentu muncul, maka tidak akan pernah muncul. Kamu bisa menghindari berbagai kata-kata sensitif atau kasar yang tertuju kepada akunmu.

Kalender

Instagram semakin memperbaiki fiturnya untuk kebutuhan social media marketing. Aplikasi ini berencana untuk memperpanjang periode pelacakan data insight yang sebelumnya 30 hari menjadi 60 hari.

Sehingga kamu tidak membutuhkan aplikasi pihak ketiga untuk memberikan data dalam periode waktu yang lebih lama. Informasi tersebut bisa kamu temukan langsung dalam insight. Bagi kamu yang belum sempat menyimpan data dalam dua bulan terakhir maka tidak perlu waswas karena kamu masih bisa mengakses dan menyimpannya.

Menemukan Konten Kreator

Fitur ini sangat berguna untuk pebisnis karena bisa menyatukan brand dengan konten kreator. Pengguna Instagram bisa menambahkan brand tertentu ke dalam daftar merek yang mereka sukai.

Ketika brand tertentu sedang mencari pembuat konten untuk melakukan kerja sama maka mereka muncul pada daftar di bagian atas dari hasil pencarian. Hal ini memudahkan brand dalam menemukan pembuat konten yang benar-benar menunjukkan minatnya pada brand kamu.

Brand juga bisa melakukan filter pembuat konten yang berdasarkan usia, jumlah followers, jenis kelamin, lokasi dan lain-lain. Instagram membantu brand untuk mengorganisir daftar singkat untuk mempermudah pengelolaan kampanye brand. Namun, fitur ini hanya bisa kamu temukan pada akun konten kreator dan bisnis.

Template Reels

Pengguna Instagram secara aktif sering menonton video pada aplikasi tersebut. Sehingga Reels merupakan alat penting untuk pebisnis untuk melakukan promosi jitu.

Jika membuat Reels menjadi sebuah kesulitan, terdapat fitur Template Reels. Fitur ini memungkinkan kamu bisa membuat video secara lebih cepat menggunakan template yang sudah ada. Kamu tidak perlu kerepotan melakukan editing video untuk membuat konten Reels.

Template Reels merupakan prebuild yang bisa kamu gunakan untuk membuat Reels secara lebih efisien. Cara mengaksesnya yaitu dengan mencari Instagram Reels yang ingin kamu gunakan sebagai template. Reels tersebut memiliki musik atau paling tidak tiga klip untuk menghasilkan sebuah video.

Langkah untuk menggunakannya yaitu dengan klik tiga titik pada samping kanan Reels yang akan kamu gunakan. Kemudian klik Gunakan Sebagai Template, klik Tambah Media yang ada pada bagian bawah lalu pilihlah klip video atau foto yang ingin kamu gunakan. Gambar atau klip video yang kamu masukan akan menggantikan konten Reels yang asli dengan tatanan yang serupa.

Jika sudah, klik Selesai. Kamu bisa melakukan pratinjau Reels sebelum membagikannya melalui postingan Instagram. Ketika hasilnya belum sesuai, kamu bisa memperbaikinya terlebih dahulu.

Tampilan Bio

Tampilan profil pada Instagram saat ini sudah berubah secara besar-besaran. Baik dari segi interface hingga halaman bio yang semakin diperpanjang. 

Semula kamu melihat berbagai informasi bertumpuk pada halaman bio. Tetapi saat ini kamu bisa melihat tampilannya lebih kece dan segar. 

Instagram fokus untuk memperlihatkan jumlah following, followers, dan memperluas space menuliskan bio. Hal ini sangat menguntungkan untuk kebutuhan social media marketing. Sebab, kamu bisa menuliskan informasi lengkap yang mungkin calon konsumen butuhkan dari brand atau perusahaan kamu.

Verification Request

Siapa saja bisa memperoleh logo centang biru atau verified Instagram. Logo ini memungkinkan akun kamu menjadi terlihat profesional sehingga sangat cocok bagi pebisnis yang akan melakukan social media marketing. 

Melalui logo centang biru kamu bisa mendapatkan fitur eksklusif. Misalnya akses promosi yang lebih luas dan mendapatkan followers lebih banyak. Terutama untuk akun bisnis, centang biru memungkinkan akun kamu tampak profesional.

Selain itu, menandakan kalau akun yang kamu buat adalah akun resmi milik brand. Untuk mendapatkannya pun cukup mudah. Kamu cukup klik verification request untuk meminta logo tersebut pada Instagram. 

Membuat Filter Sendiri

Instagram merupakan akun media sosial yang memberi ruang luas bagi penggunanya untuk menuangkan kreativitas. Sehingga tidak heran jika banyak kreator yang membuat filter Instagram yang kece.

Banyak pengguna yang ingin mengetahui bagaimana membuat story Instagram terbaru lengkap dengan filter buatan sendiri atau orang lain. Sebab, stock filter yang tersedia di Instagram tampak membosankan. Kamu bisa membuatnya sendiri untuk dibagikan kepada orang lain.

Nantinya orang lain juga bisa menggunakan filter yang kamu buat. Fitur ini sangat cocok bagi kamu yang ingin melakukan social media marketing. Sebab, kamu bisa membuat filter yang sekaligus melakukan kampanye brand tertentu.

Leave a Note

Pengguna Instagram bisa menikmati fitur terbaru Leave a Note. Fitur ini memungkinkan kamu untuk membuat note yang terlihat oleh pengguna lain di Direct Messages.

Vibes Leave a Note mengingatkan kita pada status BBM (Blackberry Messenger). Kamu bisa menuliskan note maksimal 60 karakter. Kemudian pengguna lain bisa menanggapi status kamu melalui Direct Messages.

Note yang kamu buat bisa bertahan 24 jam saja, serupa dengan story. Selain itu, notes bisa kamu atur untuk terlihat pada semua teman atau hanya close friend.

Cara menggunakannya pun sangat mudah. Kamu hanya perlu masuk ke halaman Direct Messages kemudian klik tanda (+). Tulislah note yang ingin kamu bagikan.

Tulisan note tersebut bisa kamu gunakan untuk menarik perhatian dari pengguna lain yang sedang membuka Direct Messages. 

Dual Camera

Dual camera memungkinkan kamu untuk merekam konten menggunakan kamera belakang sekaligus kamera depan. Gambar yang berasal dari kamera belakang mendominasi layar. Sementara gambar yang berasal dari kamera depan akan muncul pada jendela kecil yang ada di samping. 

Namun, fitur ini hanya tersedia ketika kamu melakukan perekaman untuk Reels. Sangat cocok kamu gunakan untuk merekam aktivitas tertentu kemudian kamu mengomentarinya secara langsung.

Untuk kebutuhan social media marketing, kamu juga bisa memanfaatkannya. Buatlah konten yang sedang tren, lalu komentari dengan teknik soft selling.

Caption Otomatis

Sticker caption mulanya hanya bisa kamu gunakan untuk membuat stories saja. Tetapi saat ini sudah bisa digunakan lebih luas ke Reels.

Fitur ini bisa kamu gunakan secara otomatis untuk mengubah suara dalam video menjadi teks. Sehingga memungkinkan pengguna untuk menonton video tanpa adanya suara. Pengguna lain bisa terlibat dalam video kamu tanpa mendengar suaranya. 

Social media marketing bisa memanfaatkan fitur ini untuk kebutuhan promosi. Sebab, kamu bisa membuat caption otomatis pada video kamu. Jadi konten yang kamu buat bisa ditonton oleh pengguna lain tanpa harus mendengarkan suara langsung.

Fitur ini merupakan langkah strategis untuk menjangkau lebih banyak kalangan. Sebab, mereka tidak harus menyalakan audio untuk mengetahui isi konten video kamu.

Strategi SMM Lewat Instagram

Setelah kamu mengetahui fitur-fitur terbaru yang bisa dinikmati, mungkin kamu bertanya-tanya bagaimana cara mengembangkan Instagram untuk kebutuhan social media marketing. Penasaran? Yuk simak penjelasan berikut.

Membuat Akun Bisnis

Instagram menyediakan akun bisnis untuk menunjang efektivitas social media marketing. Caranya pun sangat mudah. Jika kamu masih menggunakan akun pribadi, bisa langsung masuk ke dalam pengaturan kemudian beralih ke akun bisnis.

Perbedaan akun pribadi dan akun bisnis terletak pada fitur penunjang yang lebih banyak dalam akun bisnis. Misalnya insight yang bisa memberikan informasi mengenai jangkauan konten kamu. Kemudian informasi mengenai pick time untuk jam upload terbaik, followers, dan lain-lain.

Feed

Aturlah feed Instagram kamu agar lebih menarik perhatian pengguna lain di Instagram. Feed bisa tampak menarik kalau kamu menyuguhkannya ke dalam tampilan visual yang rapih dan bagus. 

Kamu bisa mengatur tiap konten yang kamu posting menggunakan template tertentu. Sehingga tampak lebih eye catching ketika pengguna mengunjungi profil kamu.

Jangan lupa untuk menempatkan konten yang kamu anggap penting menggunakan pin postingan. Sehingga konten tersebut berada di atas feed Instagram kamu.

Mengatur Stories

Story Instagram hanya bertahan selama 24 jam saja. Padahal story bisa kamu manfaatkan untuk memaksimalkan interaksi dengan pengguna lain. 

Nah, agar mereka bisa tetap menyaksikan story kamu dengan waktu lebih lama sebaiknya kamu masukan story-story penting dan menarik pada Highlight atau fitur sorotan.

Instagram Live

Selanjutnya kamu bisa menggunakan fitur Live untuk menjalin interaksi dengan pengguna lain. Misalnya akun kamu adalah akun bisnis yang menjual barang-barang fashion. Kamu bisa berjualan secara live.

Berikan promo atau diskon khusus untuk pengguna lain yang ikut menyaksikan akun kamu ketika sedang Live. Hal ini sangat membantu untuk meningkatkan angka penjualan sekaligus menjalin interaksi dengan target audiens. 

Menggunakan Fitur Insight

Fitur Insight bisa kamu nikmati jika menggunakan akun bisnis Instagram. Fitur ini menyediakan berbagai informasi penting untuk menunjang kemajuan bisnis.

Misalnya menunjukkan kapan waktu audiens aktif, postingan yang paling populer, demografi followers, dan lain-lain. Informasi ini bisa kamu simpan untuk bahan evaluasi agar kamu bisa memperbaiki apa yang belum tepat.

Kamu juga bisa mengatur ulang strategi apabila demografi target audiens ternyata lebih banyak yang di luar rencana. Selain itu, kamu juga bisa memilih waktu paling pas untuk melakukan upload konten. Sehingga potensi untuk terlihat oleh followers semakin besar.

Meningkatkan Engagement Konten

Kamu bisa memanfaatkan berbagai konten yang ada di Instagram untuk meningkatkan engagement dengan pengguna. Melakukan postingan pada feed Instagram merupakan hal penting untuk kebutuhan promosi. Sebab, feed bisa menjadi pintu utama untuk membangun brand awareness dan branding.

Engagement yang bagus bisa kamu bentuk melalui konten yang menarik. Perkenalkan produk yang akan kamu jual melalui konten feed. Angkat konten yang viral dan unik agar bisa meningkatkan impresi dan jangkauan akun kamu.

Belakangan ini terdapat tren jika konten Reels lebih mudah untuk dijangkau pengguna lain. Manfaatkan momen ini dengan membuat konten yang beragam, mulai dari feeds dan reels. Sehingga jangkauan kampanye kamu menjadi semakin luas.

Meningkatkan engagement Instagram melalui konten bisa menjadi strategi jitu. Misalnya melalui konten story telling, behind the scene, edukasi, dan lain-lain. Buatlah konten menarik setiap harinya.

Copywriting yang Menarik

Copywriting dalam konten harus menarik agar menarik audiens untuk mengikuti akun kamu. Bisa saja pengguna tertarik karena akun kamu mengandung informasi yang mereka butuhkan.

Hal ini bisa kamu dapatkan melalui copywriting yang menarik dalam caption. Paling tidak kamu bisa mengajak pengguna lain untuk melakukan interaksi melalui kolom komentar. Jika kamu bisa membuat caption yang menarik, kemungkinan mendapatkan komentar akan lebih banyak. 

Memilih Waktu yang Tepat untuk Posting

Jika kamu ingin meningkatkan engagement secara tepat, jangan asal mengunggah postingan. Tetapi pilihlah waktu paling tepat untuk melakukan posting.

Kalau kamu masih bingung kapan waktu yang tepat, terdapat fitur insight yang membantu. Insight akan membagikan informasi mengenai waktu paling tepat untuk melakukan posting.

Waktu tersebut memungkinkan postingan kamu lebih banyak dilihat oleh pengguna lain. Dengan kata lain, mengacu pada waktu mayoritas pengguna atau followers kamu membuka Instagram.

Menggunakan Ads

Aktivitas marketing tanpa membuat iklan menjadi kurang pas. Apalagi Instagram memiliki fitur Ads yang menunjang promosi kamu lebih maksimal. Hal ini juga dapat meningkatkan jumlah kunjungan dan jangkauan menuju ke profil kamu.

Gunakan Ads melalui aplikasi Instagram secara langsung atau menggunakan Facebook Ads Mesenger. Namun Meta Facebook mengharuskan kamu untuk memiliki Facebook Page terlebih dahulu.

Ads sangat penting untuk kamu yang ingin memperluas jangkauan followers. Sehingga konversi akan semakin meningkat. Kamu bisa mengatur Ads sesuai pasar produk sehingga lebih tepat sasaran. 

Kerja Sama dengan Influencer

Lakukan kerja sama dengan influencer agar performa akun kamu semakin meningkat. Tidak harus influencer yang termasuk kelas atas, kamu juga bisa memanfaatkan nano influencer. Harganya terjangkau dan bisa membantu untuk mempromosikan produk atau memperkenalkan produk.

Itulah penjelasan mengenai fitur baru dan cara memanfaatkan Instagram untuk mengembangkan social media marketing. Pengelolaan media sosial untuk kebutuhan marketing akan lebih tepat jika dilakukan oleh profesional. Sehingga tujuan dan target bisnis kamu akan tercapai dengan maksimal.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *