Panel SMM menjadi bagian penting dalam strategi digital marketing. Seiring dengan majunya teknologi, pemasaran secara tradisional sudah mulai tergeser. Hal ini karena efektivitas pemasaran tradisional tidak lagi relevan diterapkan dalam era digital.

Masyarakat memiliki kecenderungan mengakses internet dan media sosial sehari-hari. Inilah yang menjadi pemicu digital marketing semakin berkembang. Sehingga mau tidak mau, bisnis harus mulai menyasar pengguna media sosial untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.

Cara efektif yang bisa kamu gunakan adalah memanfaatkan panel SMM. Kamu bisa membeli followers, komentar, likes dan lain-lain pada media sosial yang digunakan untuk pemasaran misalnya Facebook, Instagram, Twitter, TikTok, dan lain-lain. Melalui SMM ini, pertumbuhan akun kamu semakin mudah dan efektif. 

Perbedaan Panel SMM Digital Marketing dan Pemasaran Tradisional

Alasan mengapa penggunaan SMM panel terpercaya dianggap lebih baik daripada pemasaran tradisional sangat beragam. Tidak hanya dari segi efektivitasnya saja, tetapi juga dari segi hemat anggaran pemasaran. Pertimbangan-pertimbangan tersebut yang membuat banyak pebisnis lebih memprioritaskan digital marketing untuk kelangsungan perusahaan.

Nah, agar kamu memahaminya lebih lanjut yuk ketahui berikut ini perbedaan antara digital marketing dengan pemasaran tradisional.

Target Konsumen

Strategi digital marketing menggunakan alat, saluran, dan platform yang sesuai untuk memasarkan produk atau layanan bisnis. Iklan dan interaksi yang dilakukan terhadap target konsumen sudah dilakukan melalui internet. Sehingga jangkauan konsumen dari panel SMM jauh lebih luas dan spesifik. 

Misalnya kamu bisa menyesuaikan dengan gender, usia, minat, demografi, dan lain-lain sesuai kebutuhan. Sehingga orang-orang yang dituju memang benar-benar berkualitas dan memiliki potensi tinggi untuk tertarik terhadap brand kamu.

Berbeda dengan pemasaran tradisional yang masih memanfaatkan alat dan sarana berbentuk fisik. Misalnya interaksi tatap muka, papan reklame, dan lain-lain. Pemasaran ini lebih mengutamakan persuasi dan komunikasi yang baik karena harus bertemu langsung dengan target konsumen.

Jangkauan target konsumen yang bisa kamu capai juga lebih sedikit, misalnya hanya area lokal. Penargetan konsumen pun masih kurang spesifik. Inilah yang sering kali menjadi penyebab brand kamu tidak bisa menjangkau target konsumen paling tepat.

Media Promosi Berbeda

Media sosial menjadi platform utama untuk menjalankan praktik digital marketing. Terlebih saat ini sudah banyak jenis media sosial yang bisa mendukung aktivitas pemasaran. Promosi juga bisa kamu lakukan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), situs web, marketplace, blog, dan lain-lain.

Pada pemasaran tradisional, media yang bisa kamu gunakan hanya berupa tampilan fisik saja. Misalnya brosur, iklan pada surat kabar, papan reklame, spanduk, dan lain-lain. Kemudian media yang digunakan hanya berupa radio dan televisi, menggunakan sales hingga iklan pada momen tertentu.

Komunikasi

Digital marketing menyediakan akses yang mudah untuk melakukan interaksi dengan konsumen. Sebab, pengelolaan menggunakan panel SMM memungkinkan kamu lebih fleksibel dalam melakukan interaksi. 

Brand kamu juga bisa mendapatkan feedback secara langsung atas pengalaman dari konsumen yang sudah mencoba produk atau jasa kamu. Hal ini berbanding terbalik dengan pemasaran tradisional. Kamu tidak bisa berinteraksi secara efektif dengan konsumen. Sebab, media promosi yang kamu gunakan tidak fleksibel untuk melakukannya.

Misalnya kamu adalah pebisnis yang memasang iklan pada media cetak. Kamu tidak akan mendapatkan respons dari pembaca yang melihat iklan kamu. Begitu pula jika kamu memasang iklan di televisi, penonton tidak bisa memberikan feedback langsung.

Kamu hanya bisa mendapatkan feedback langsung jika melakukannya secara door to door. Tetapi hal ini sudah jarang dilakukan. Sebab, kamu harus mencari target paling potensial terlebih dahulu di mana hal ini akan memakan waktu, biaya, dan tenaga yang lebih.

Biaya Pemasaran Berbeda

Digital marketing lebih terjangkau apabila dibandingkan dengan pemasaran tradisional. Bahkan, kamu bisa saja tidak mengeluarkan biaya sama sekali jika mahir melakukan manajemen media sosial. 

Tetapi kebanyakan sudah memanfaatkan panel SMM karena lebih efektif dan hemat biaya. Kamu bisa memanfaatkan AdSense yang ada di berbagai platform media sosial. Biaya yang harus kamu keluarkan juga tetap lebih terjangkau daripada menggunakan pemasaran tradisional.

Pemasaran tradisional memungkinkan kamu mengeluarkan lebih banyak biaya yang relatif mahal. Sebab, strategi ini melibatkan pembayaran iklan di televisi, percetakan, dan lain-lain. 

Mengapa Digital Marketing Lebih Murah dan Efektif?

Digital marketing dan pemasaran tradisional sama-sama mempunya kelebihan dan kekurangan. Tetapi pemasaran digital jauh lebih unggul daripada metode tradisional.

Pemasaran secara tradisional memiliki keterbatasan dalam penargetan konsumen. Target yang bisa kamu capai mungkin hanya sebatas konsumen lokal saja. Sementara penggunaan panel SMM memungkinkan kamu menjangkau audiens lebih luas dan sesuai target spesifik. 

Komunikasi dua arah menjadi konsep yang unggul dari digital marketing. Hal ini memungkinkan kamu untuk melayani kebutuhan dari konsumen secara efisien.

Hasil yang kamu dapatkan dari digital marketing lebih cepat dan real time. Sehingga brand kamu bisa mendapatkan feedback langsung tanpa menunggu banyak waktu. Melalui feedback ini bisa menjadi evaluasi brand untuk memperbaiki atau merampingkan strategi pemasaran agar lebih efektif.

Hal tersebut menjadi alasan mengapa banyak pebisnis yang beralih dari pemasaran tradisional menuju digital marketing. 

Apabila dihitung-hitung, digital marketing lebih hemat biaya serta ramah lingkungan. Sebab, kamu tidak harus mencetak kertas yang bisa mengotori lingkungan.

Perusahaan dan konsumen bisa melakukan interaksi menggunakan berbagai jenis media sosial tanpa pembebanan biaya pada konsumen. Dokumentasi pun bisa kamu peroleh dalam bentuk data yang bisa kamu akses kapan saja dan di mana saja.

Relevansi SMM untuk Akun Media Sosial Bisnis

Berbicara penggunaan panel SMM untuk pertumbuhan akun media sosial bisnis tentu masih relevan. Apalagi jumlah pengguna media sosial terus mengalami peningkatan, bahkan tidak pernah menurun. Selama aktivitas media sosial oleh masyarakat masih mendominasi, selama itu pula SMM bisa bekerja maksimal.

Lebih lanjut, apa saja sih yang bisa kamu peroleh dari penggunaan SMM untuk kelangsungan bisnis? Yuk simak berikut ini penjelasannya.

Interaksi dengan Konsumen 

SMM dapat membantu meningkatkan jumlah followers, likes, dan komentar pada akun bisnis kamu. Hal ini juga bisa meningkatkan interaksi antara perusahaan dengan konsumennya.

Dengan kata lain, kamu bisa membangun jaringan lebih kuat dengan konsumen. Selain itu, untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap brand kamu.

Mungkin saja kamu tidak memiliki waktu luang untuk membalas pertanyaan, keluhan ataupun saran dari konsumen. Menggunakan SMM, hal itu bukanlah menjadi persoalan. Sebab, penyedia layanan akan membantu menjawab berbagai komentar yang muncul dengan tepat.

Katakanlah ada konsumen kamu yang mengalami kendala ketika membeli produk. Kemudian ia mengungkapkannya langsung ke direct messages di akun media sosial bisnis. Manajemen media sosial dapat menangani hal ini dengan cepat.

Sehingga berbagai kasus yang mungkin bisa berpengaruh terhadap brand kamu, teratasi dengan cepat. Hal semacam ini tidak mungkin bisa kamu peroleh dari pemasaran tradisional. Bisa saja kamu membiarkan persoalan tersebut karena ketidaktahuan respons dari masyarakat. 

Adanya keluhan yang tidak teratasi dengan cepat dapat berpotensi menghilangkan loyalitas konsumen. Bahkan mereka juga tidak segan memberikan ulasan yang buruk terhadap brand kamu. Padahal sebenarnya kesalahan mutlak bukan dari bisnis yang kamu kembangkan.

Meningkatkan Jangkauan

Penggunaan panel SMM dapat membantu meningkatkan jangkauan dari akun media sosial secara lebih cepat. Jika kamu membeli lebih banyak followers, maka kamu bisa menarik perhatian mereka.

Followers yang kamu dapatkan juga bisa menyesuaikan dengan target audiens yang kamu tentukan. Pengguna yang mengikuti akun kamu juga bukan bot, tetapi merupakan pengguna organik.

Melalui penargetan audiens yang tepat, ditambah dengan jangkauan yang luas. Tentu saja brand kamu akan lebih terkenal di khalayak luas. Bukan tidak mungkin kamu akan mendapatkan konsumen yang berasal dari luar negeri.

Efektif dan Efisien

Penggunaan SMM membantu mengurangi tenaga dan waktu yang kamu butuhkan untuk mengelola akun media sosial bisnis. Panel ini dirancang khusus untuk membantu kamu mengelola, mengatur, dan menganalisis aktivitas media sosial secara efisien.

Misalnya melalui pengelolaan postingan. SMM memungkinkan kamu membuat dan menjadwalkan posting pada berbagai platform media sosial sekaligus. Hal ini akan menghemat waktu dengan membuat beberapa konten sekaligus. Kemudian menjadwalkannya untuk diposting pada waktu yang tepat.

Penggunaan SMM juga memungkinkan kamu bisa memantau komentar yang diterima dari berbagai platform media sosial hanya melalui satu wadah. Sehingga kamu tidak perlu repot membuka satu per satu akun media sosial untuk melihat data-data tersebut.

Terdapat fitur analisis dan pelaporan yang memungkinkan kamu melihat kinerja postingan, pertumbuhan pengikut, dan tingkat keterlibatan pengguna. Dengan pemahaman yang lebih baik tentang data ini, kamu bisa mengoptimalkan strategi tanpa harus menghabiskan banyak waktu untuk mencari tahu.

Hemat Biaya

Panel SMM memungkinkan kamu lebih menghemat biaya untuk promosi. Kamu bisa mengelola beberapa platform media sosial dalam satu tempat. Sehingga kamu tidak perlu menggunakan banyak alat atau sumber daya untuk mengelola masing-masing platform secara terpisah.

Hal ini dapat mengurangi biaya untuk mengadakan sumber daya tertentu jadi pengelolaan yang dilakukan menggunakan SMM lebih efisien. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan akan karyawan tambahan dalam tim pemasaran. Kamu bisa mengalokasikan tugas dan pekerjaan kepada anggota tim yang ada, sehingga mengurangi biaya overhead.

Dengan kemampuan menjadwalkan posting dan mengelola konten secara lebih efisien, SMM memungkinkan kamu menjalankan kampanye lebih terstruktur dan terorganisir. Hal ini dapat membantu meningkatkan efektivitas kampanye, sehingga memaksimalkan penggunaan budget promosi.

Jenis-Jenis Digital Marketing

Terdapat berbagai jenis digital marketing yang bisa kamu pilih menggunakan panel SMM. Efektivitas dari pemasaran ini bergantung pada tujuan yang kamu tetapkan sebelumnya. Sehingga pilih yang paling sesuai dan tepat untuk kelangsungan bisnis.

Lebih lanjut, berikut ini jenis-jenis digital marketing yang bisa menunjang pemasaran brand kamu.

SEO (Search Engine Optimization)

Banyak perusahaan yang menggunakan SEO untuk meningkatkan penjualan produk atau jasa. SEO merupakan praktik untuk mengoptimalisasi konten agar mendapatkan peringkat pada mesin pencarian.

Melalui SEO yang kamu terapkan pada semua konten digital, sangat membantu untuk menjangkau lebih banyak calon konsumen. 

Seperti yang kamu ketahui, ketika pengguna internet ingin mencari tahu mengenai produk tertentu. Maka mereka akan menuliskan kata kunci tertentu. 

Katakanlah mereka ingin mencari produk pemutih kulit. Ketika kamu menerapkan kata kunci tersebut pada konten yang dibuat. Maka besar kemungkinan mereka akan mengunjungi situs web atau media sosial kamu.

Mereka yang sudah mengetikan kata kunci tersebut merupakan calon konsumen potensial. Sebab, secara spesifik sudah menyebutkan apa yang sedang mereka cari. Ini menjadi momen untuk meningkatkan penjualan produk yang kamu tawarkan.

Namun kamu harus membuat konten yang relevan, informatif, dan bermanfaat. Hal ini tidak hanya membantu meningkatkan peringkat SEO, tetapi juga dapat mempengaruhi perilaku pembelian calon konsumen.

Pemasaran Media Sosial

Pemasaran digital menggunakan media sosial adalah memanfaatkan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan kepada target audiens.

Media sosial memungkinkan kamu untuk membangun eksistensi brand yang kuat dan terhubung dengan calon konsumen. Kamu bisa membuat halaman bisnis atau profil merek yang mewakili identitas bisnis serta menghubungkan langsung dengan audiens.

Platform media sosial menyediakan fitur pemilihan target audiens yang detail. Kamu bisa menentukan demografi, minat, lokasi geografis, dan perilaku tertentu untuk memastikan iklan muncul pada akun pengguna potensial.

Selain itu, media sosial menyediakan berbagai opsi iklan yang dapat disesuaikan. Misalnya iklan pada umpan berita, iklan pada sisi halaman, iklan video, iklan cerita, iklan visual, dan lain-lain. Kamu bisa mengoptimalkan kampanye iklan berdasarkan tujuan bisnis, seperti brand awareness, pertumbuhan followers, dan lain-lain.

Digital Advertising

Digital advertising adalah bentuk pemasaran menggunakan platform digital untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada target audiens. Iklan ini mencakup iklan pencarian (search ads), iklan tampilan (display ads), iklan video, iklan media sosial, native, programatik, dan lain-lain.

Setiap jenis iklan memiliki format dan karakteristik yang berbeda untuk mencapai tujuan pemasaran yang berbeda pula.

Platform yang bisa kamu gunakan untuk melakukan digital advertising cukup beragam. Misalnya Google Ads, platform media sosial seperti Facebook Ads, Instagram Ads, dan Twitter Ads kemudian jaringan iklan seperti Google Display Network dan AdSense. Tiap platform memiliki fitur, cara kerja, dan kebijakan iklan yang berbeda.

Pay per Click Advertising

Pay-per-click (PPC) advertising adalah model iklan digital di mana pengiklan membayar hanya ketika iklan mereka diklik oleh pengguna.

Dalam PPC advertising, kamu dapat menentukan budget dan menetapkan kata kunci. Ketika pengguna melakukan pencarian yang relevan dengan kata kunci atau melihat halaman yang sesuai dengan kriteria iklan, PPC akan ditampilkan. Jika pengguna mengklik iklan, barulah kamu akan membayar sesuai dengan tawaran.

Kamu memiliki kontrol penuh atas budget iklan. Kamu juga bisa menetapkan batas harian atau bulanan untuk memastikan biaya iklan tetap sesuai dengan rencana keuangan. Selain itu, karena kamu hanya membayar ketika iklan diklik, maka kamu dapat mengontrol biaya dan mengalokasikan anggaran dengan bijaksana.

Masih banyak jenis digital marketing lain seperti website marketing, email marketing, downloadable content, dan lain-lain. Kamu bisa memilih jenis mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan tujuan bisnis.

Namun, terdapat kecenderungan pengguna internet lebih banyak mengakses media sosial. Sehingga penggunaan panel SMM menjadi paling relevan digunakan untuk saat ini. Kamu bisa memilih penyedia panel yang profesional, berpengalaman, dan terpercaya.

Itulah penjelasan mengenai penggunaan SMM sebagai solusi hemat untuk meningkatkan praktik pemasaran bisnis. Kalau kamu masih terpaku pada pemasaran tradisional, tentu akan tertinggal dari para kompetitor. Kemudian jika pengelolaan media sosial tidak dilakukan secara efektif oleh profesional, hasilnya tidak akan maksimal.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *