Dunia digital memiliki potensi yang besar untuk menghasilkan pendapatan, mulai dari menjadi influencer atau memanfaatkan digital marketing. Sebuah bisnis akan menjadi lebih besar dengan menerapkan marketing secara digital yang dilakukan dengan menggunakan sosial media atau website. Panel SMM menjadi salah satu tools yang bisa digunakan dalam digital marketing baik untuk sosial media atau juga untuk website.

Salah satu kunci penting dalam melakukan marketing digital untuk brand atau untuk para influencer itu adalah engagement. Semakin tinggi nilai dari engagement yang didapatkan, tentu saja akan membuat semakin banyak orang yang mengetahui brand tersebut. Jadi ilmu dan pemahaman mengenai engagement rate merupakan hal penting yang harus diketahui influencer atau digital marketing.

Apa Itu Engagement Rate?

Engagement rate merupakan sebuah alat untuk menghitung persentase dari interaksi audiens dengan konten yang kalian buat. Hal ini berlaku untuk sosial media atau juga untuk website yang menjadi alat untuk melakukan sebuah kampanye mengenai satu brand. Keuntungan dari sosial media itu sudah ada satu tools yang bisa menunjukkan bagaimana engagement secara detail untuk membantu kita menghitung engagement rate.

Engagement ini memang menjadi kunci keberhasilan sebuah strategi marketing digital, karena ini menunjukkan berapa banyak audiens yang bisa dijangkau. Informasi penting mengenai brand akan bisa disampaikan dengan baik apabila satu akun sosial media memiliki engagement rate yang tinggi dengan bantuan panel SMM. Banyak sekali bisnis yang membuat iklan atau memilih brand ambasador dengan berpatokan pada engagement rate dari akun sosial media.

Fungsi Engagement Rate

Ada banyak fungsi yang bisa kalian dapatkan dengan mempelajari dan juga memahami dengan baik mengenai engagement rate ini. Tapi mungkin bagi orang yang masih baru atau masih awam dalam dunia digital ini tidak memahami mengenai istilah ini dan nilai pentingnya. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih fungsi dari engagement rate pada website atau juga pada sosial media.

1. Mengetahui Efektivitas Posting

Fungsi yang paling pertama itu adalah untuk bisa mengetahui bagaimana efektivitas posting dari satu akun atau satu website tertentu. Interaksi yang muncul dari setiap posting itu sangat penting untuk menentukan apakah penyampaian informasi bisa diterima dengan baik. Dari engagement rate kita akan lebih mengetahui apakah posting tersebut mendapat interaksi yang cukup baik atau tidak.

2. Membantu Menganalisa Tren

Fungsi yang kedua adalah untuk bisa membantu menganalisa tren dari audiens yang mungkin dituju dalam marketing. Dari engagement rate setiap posting kalian jadi tahu konten seperti apa yang memang banyak disukai oleh audiens. Tren konten memang tidak mudah diketahui namun sangat penting, sehingga metrik ini sangat membantu sekali dalam proses digital marketing.

3. Memantau Kinerja dari Kompetitor

Fungsi yang ketiga adalah memantau kinerja kompetitor seperti apa dengan menganalisis engagement rate yang mereka miliki. Kalian hanya bisa memperkirakan dari interaksi yang terjadi pada konten kompetitor dan kemudian mulai memperkirakannya dengan rumus yang kalian butuhkan. Panel SMM juga menjadi salah satu tools untuk mengetahui dengan mudah bagaimana engagement rate yang dimiliki.

4. Mengetahui User Experience dari Konten

Fungsi yang keempat yakni untuk mengetahui bagaimana user experience dari konten yang kita buat untuk para audiens. Dari engagement dari konten itu akan bisa kita ketahui apakah memang audiens itu nyaman atau tidak dengan konten kita. Bisa kita lihat dari waktu orang menonton konten dan juga berapa kali CTA itu di klik oleh audiens.

5. Menjadi Alat Evaluasi Strategi Digital Marketing

Fungsi yang kelima yakni untuk bisa menjadi alat evaluasi dalam strategi digital marketing yang mungkin sedang diterapkan. Engagement itu secara tidak langsung bisa menunjukkan keberhasilan dari strategi yang diterapkan dan menunjukkan kekurangannya juga. Kalian bisa mulai melakukan inovasi dalam strategi marketing dengan mempergunakan engagement rate yang kalian dapatkan dari akun dan posting.

Dari beberapa fungsi tersebut jelas kalian perlu menguasai engagement rate ini dengan baik dan meningkatkannya untuk berhasil dalam marketing digital. Kalian bisa manfaatkan panel SMM untuk bisa meningkatkan dengan lebih cepat dan juga lebih mudah.

Faktor Pengaruh Engagement Rate

Untuk bisa meningkatkan engagement rate dari akun atau posting, kalian mungkin perlu mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhinya. Kalian bisa mulai mengerjakan satu per satu dari setiap faktor tersebut untuk meningkatkan engagement rate tersebut secara signifikan. Ada beberapa kategori untuk faktornya tersebut, berikut ini kami akan jelaskan beberapa di antaranya.

1. Website

Untuk website itu ada beberapa faktor yang bisa mempengaruhi mengenai engagement rate dari website tersebut. Kalian perlu ketahui setiap faktornya untuk bisa membuat website yang baik dan juga mengetahui cara untuk meningkatkan rate dari engagement tersebut. Berikut beberapa di antaranya.

  1. Jumlah pengunjung dari situs
  2. Berapa lama pengunjung berada di situs
  3. Jumlah klik dari link yang tersedia di situs
  4. Jumlah share link melalui beragam jalur baik email atau juga sosial media

2. Sosial Media

Untuk sosial media tentunya memiliki faktor yang berbeda dengan website, di mana nantinya langkah untuk optimasi pun akan berbeda. Berikut ini kami akan jelaskan apa saja sih faktor yang mempengaruhinya.

  1. Jumlah view dari posting
  2. Berapa lama audiens menonton konten
  3. Jumlah like dari setiap posting
  4. Jumlah komentar yang diberikan pada posting
  5. Berapa kali posting di bagikan

Semua faktor tersebut sangat bisa kalian maksimalkan mempergunakan panel SMM yang saat ini ada banyak pilihannya.

3. e-commerce

Faktor yang mempengaruhi engagement rate pada e-commerce tentunya berbeda lagi, karena memiliki konsep yang berbeda. Berikut ini kami akan jelaskan beberapa faktor yang mempengaruhi bila dilihat pada platform e-commerce.

  1. Jumlah like untuk produk yang dijual
  2. Jumlah testimoni yang didapatkan
  3. Rating yang diberikan oleh pembeli
  4. Jumlah order yang sudah diselesaikan

Beberapa faktor di atas penting untuk dipahami dengan baik, agar supaya nantinya kalian bisa meningkatkan engagement rate dengan efektif. Sosial media memang memiliki banyak faktor, namun kalian bisa meningkatkannya dengan mudah bila mempergunakan jasa dari panel SMM.

Cara Menghitung Engagement Rate

Untuk memahami dengan baik mengenai engagement rate ini kalian tentunya perlu tahu dulu bagaimana sih cara untuk menghitung metrik tersebut. Kalau kalian sudah tahu maka kalian bisa menghitungnya sendiri, menganalisa, dan kemudian melakukan evaluasi untuk peningkatannya. Rumusnya sendiri cukup banyak jenisnya, tergantung analisa apa yang ingin kalian lakukan terhadap interaksi yang terjadi pada sosial media atau website.

Sebenarnya perhitungan engagement rate ini bisa dilakukan dengan lebih mudah dengan beragam tools yang ada di internet saat ini. Panel SMM menjadi salah satu tools yang bisa membantu kita untuk mengetahui berapa engagement rate yang kita miliki secara detail. Namun alangkah baiknya kita bisa menghitung sendiri untuk bisa mengetahui bagaimana sistem kerja dari engagement rate tersebut.

Berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa jenis rumus engagement rate yang biasa dipergunakan para penyedia jasa digital marketing.

1. Engagement Rate Akun Sosial Media

Untuk mengetahui engagement dari akun itu kalian bisa menggunakan rumus total like, share, komentar dibagi dengan total follower dikalikan dengan 100%. Nanti akan ketemu persentase dari engagement yang bisa didapatkan dari akun tersebut untuk mengetahui efektivitas dari pemasaran akun tersebut. Untuk jumlah like, share dan komentar bisa kalian lihat pada fitur insight pada beragam platform sosial media yang ada.

2. Engagement Rate Posting

Untuk engagement rate pada setiap posting bisa kalian temukan juga, namun memang memiliki rumus yang berbeda. Kalian perlu mengetahui jumlah like, share, dan komentar pada satu konten dan bagi dengan jumlah follower dan kalikan 100%. Nanti kalian akan tahu setiap konten yang kalian posting itu memiliki interaksi seperti apa kepada audiens terutama follower.

Dari persentase tersebut kalian jadi tahu konten seperti apa yang memiliki engagement paling tinggi dibandingkan yang lain. Setiap konten jelas memiliki engagement yang berbeda, dan hal tersebut sangat penting diketahui baik oleh bisnis atau juga influencer. Jadi nantinya kalian tahu tren, tahu waktunya, dan lain sebagainya yang memang bisa memberikan engagement paling tinggi.

3. Engagement Rate Website

Perhitungan engagement rate pada website itu memang berbeda, dan nilainya sendiri memang membutuhkan beberapa persyaratan. Bila ingin menghitung engagement dari website, maka kalian perlu membuat website dengan sistem berlangganan terlebih dahulu. Jadi nanti ada base user yang memang akan mengikuti konten kalian dan nantinya bisa dihitung engagement yang bisa didapatkan.

Perhitungan dan peningkatan engagement pada website sendiri bisa dilakukan menggunakan alat panel SMM dengan kualitas baik. Tapi bila kalian sudah memiliki semua persyaratannya, maka kalian akan bisa menghitungnya sendiri dengan mudah.

Rumusnya sendiri adalah jumlah total user yang menonton dibagi dengan jumlah pelanggan website dikalikan dengan 100. Namun engagement dari website sendiri lebih kompleks karena ada rata-rata waktu orang menonton konten juga. Perlu juga melihat jumlah kunjungan website tanpa adanya interaksi sama sekali yang menentukan engagement dari website.

Setiap rumus tersebut bisa memberikan detail mengenai insight yang bisa didapatkan dan tingkat efektivitas dari digital marketing. Mulai dari hasil sampai kepada evaluasi dan analisa bisa dilakukan dari beberapa jenis rumus berbeda dari perhitungan engagement rate di atas. Panel SMM bisa membantu menghitungnya, sehingga kalian bisa mengambil langkah cepat untuk improvisasi dan pengembangan strategi marketing.

Tips Meningkatkan Engagement Rate

Bila kita sudah mengetahui mengenai engagement rate yang dimiliki, maka langkah selanjutnya adalah dengan meningkatkannya semaksimal mungkin. Dalam marketing digital tentunya engagement yang tinggi itu akan sangat membantu untuk proses pembangunan brand satu bisnis. Jadi dasar dari melakukan strategi digital marketing itu adalah engagement rate yang harus cukup baik dan juga detail.

Bahkan banyak orang yang memiliki pandangan bahwa marketing di dunia digital itu sangat ditentukan dari kondisi engagement yang dimiliki. Banyak yang akhirnya mencoba meningkatkannya terlebih dahulu baru kemudian mengembangkannya untuk meningkatkan brand mereka. Langkah meningkatkannya tentu tidak mudah dan perlu ketekunan dan juga strategi yang matang agar kenaikan bisa signifikan.

Berikut ini kami akan coba berikan beberapa tips yang bisa membantu kalian untuk meningkatkan engagement rate dengan cepat dan lancar.

1. Mencari Tahu Tren Konten

Tips yang pertama adalah kalian perlu mencari tahu tren dari konten terlebih dahulu, konten seperti apa yang banyak disukai. Biasanya memang konten yang disukai itu akan lebih banyak ditonton dan bisa menarik insight yang jauh lebih baik. Jadi kalian harus menganalisa tren konten dengan sangat mudah menggunakan panel SMM, dan kemudian mencoba membuat konten sesuai tren tersebut.

Kalian sementara mungkin harus menurunkan idealisme terlebih dahulu untuk bisa menarik perhatian dari audiens dulu. Setelah audiens sudah terbangun barulah kalian bisa beralih dari konten yang disukai dengan konten yang memang ingin kalian buat. Kalian juga bisa gabungkan tren tersebut menjadi konten marketing yang akan dibagikan melalui platform digital.

2. Membuat Konten Berkualitas

Tips yang kedua adalah kalian perlu membuat konten yang berkualitas, supaya orang akan kembali ke akun kalian. Konten yang berkualitas itu sendiri memiliki beberapa kriteria, berikut ini beberapa di antaranya.

  1. Memiliki kualitas gambar yang baik, sehingga orang akan nyaman untuk melihat konten
  2. Memiliki manfaat bagi orang yang melihat atau menonton
  3. Simpel dan bisa diputar dengan baik di berbagai device terutama smartphone

3. Melihat Waktu Posting Konten

Tips yang ketiga yakni soal waktu posting, meskipun terkesan remeh namun pengaruhnya itu sangat besar pada insight lho. Ada yang namanya jam terbaik atau prime time untuk bisa mendapatkan insight yang baik pada konten yang kalian posting. Jadi kalian perlu melakukan analisa terlebih dahulu untuk bisa mengetahui prime time dari akun sosial media atau website kalian.

Analisa ini mungkin bisa menggunakan beberapa tools, salah satunya adalah SMM panel gratis yang memang sangat membantu. Dari situ kalian akan tahu prime time dan kalian perlu ikuti prime time tersebut supaya bisa meningkatkan engagement yang didapatkan.

4. Berupaya Menanggapi Komentar

Tips yang keempat yakni dengan berupaya selalu menanggapi komentar yang didapatkan, untuk bisa meningkatkan insight lebih baik. Bila ada komentar tanggapan, maka orang yang memberi komentar akan senang dan mungkin orang lainnya pun akan memberi komentar juga. Hal semacam ini jelas simpel namun sangat membantu untuk bisa mendapatkan insight atau engagement yang lebih baik lagi.

5. Membuat Tampilan yang Nyaman

Tips yang kelima adalah soal tampilan, di mana kalian perlu untuk membuat tampilan yang nyaman dilihat dan enak dipandang. Ini berlaku baik untuk website atau juga untuk akun sosial media lho sebenarnya, soalnya banyak juga orang yang melihat akun sosial media. Bila kalian menata dengan baik, maka orang yang berkunjung sudah pasti akan bisa nyaman dan akan kembali lagi.

6. Menggunakan SMM Panel

Tips yang terakhir yakni memanfaatkan SMM panel yang kita tahu memiliki cukup banyak fitur untuk meningkatkan insight. Dengan insight atau engagement yang meningkat dengan cepat dan mudah, maka secara otomatis engagement rate akan meningkat juga. Kalian bisa pilih panel SMM terbaik supaya bisa mendapatkan hasil yang maksimal untuk peningkatan baik sosial media atau website.

Demikian penjelasan mengenai engagement rate dan cara menghitungnya. Semoga bermanfaat.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *