Memiliki akun media sosial yang populer dengan jumlah followers yang banyak dan interaksi yang tinggi merupakan sebuah keuntungan. Karena hal ini bisa digunakan sebagai salah satu strategi social media marketing yang dapat dimanfaatkan untuk menaikkan branding personal diri Anda maupun untuk tujuan bisnis.

Untuk mengetahui tolak ukur sudah sejauh mana akun Anda dapat menjangkau audiens, salah satunya bisa dilihat dari fitur insight yang terdapat pada media sosial. Fitur ini pertama kali dicanangkan di media sosial Instagram dengan tipe akun bisnis. 

Pada prakteknya, fitur insight ini ternyata sangat berguna dan bermanfaat untuk melihat data statistik akun media sosial Anda yang nantinya menentukan sejauh mana engagement berhasil diciptakan dan bagaimana langkah strategi social media marketing yang tepat untuk digunakan. Saat ini fitur insight juga sudah mulai banyak dikembangkan di berbagai media sosial lain termasuk di dalamnya adalah TikTok.

Lantas bagaimana cara melihat insight di media sosial TikTok? Dalam ulasan kali ini kami akan memberikan panduan secara detail untuk Anda. 

TikTok Sebagai Sosial Media Viral

Semenjak kemunculannya di tahun 2017, sosial media TikTok terus mengalami perkembangan pesat hingga saat ini dikenal sebagai salah satu sosial media paling viral dan banyak digunakan oleh berbagai kalangan. TikTok mampu menjangkau berbagai kelas usia penggunanya, dan juga menjangkau berbagai kelas mulai dari orang biasa hingga artis dalam maupun luar negeri.

Sadar betul akan antusiasme masyarakat terhadap media sosial ini, TikTok terus melakukan berbagai inovasi guna menggaet lebih banyak pengguna dan membuat pengguna yang ada menjadi semakin betah dan memiliki ketergantungan yang kuat dengan media sosial ini.

Maka tidak heran bila belakangan ini TikTok juga ramai dijadikan salah satu wadah untuk menerapkan social media marketing atau SMM untuk berbagai kepentingan. Baik itu untuk kepentingan pelaku usaha dalam mengembangkan bisnisnya, maupun kepentingan pribadi untuk menaikkan personal branding. 

Alasan Pentingnya Penggunaan TikTok untuk Bisnis

Sebagai sosial media yang viral, TikTok memiliki banyak alasan penting mengapa media sosial ini sangat cocok dijadikan sebagai ladang bisnis dan mengembangkan strategi social media marketing. Alasan-alasan tersebut antara lain :

  • TikTok mampu menjangkau kalangan yang luas dari rentang usia pengguna di kalangan anak-anak, kaum milenial, hingga dewasa dan orang tua sekalipun. 
  • TikTok memiliki desain antar muka yang mudah dipahami, sehingga memudahkan siapa saja untuk menggunakannya. 
  • Menjadikan konten video sebagai sajian konten utama mereka di mana konten video memiliki keunggulan yaitu mampu menarik perhatian secara lebih terhadap audiens karena di dalamnya tak hanya memuat unsur gambar, namun juga musik atau audio dan juga teks yang dikombinasikan menjadi satu. Tipe konten seperti ini sangatlah cocok untuk dijadikan sebagai pilihan konten iklan yang mampu menarik perhatian audiens. 
  • Konten video yang disajikan berdurasi pendek, sehingga menghindari kesan jenuh dan membosankan. Justru sebaliknya, akan membuat audiens semakin penasaran untuk terus menscroll konten-konten menarik selanjutnya. 
  • TikTok memiliki fitur TikTok bisnis, yaitu fitur terbaru yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transaksi jual beli tanpa harus beralih dari satu aplikasi ke aplikasi lainnya. Sehingga sangat cocok bila sosial media ini dijadikan sebagai wadah untuk berpromosi sekaligus untuk berjualan di satu tempat yang sama. 

TikTok Untuk Personal Branding

Tidak hanya cocok untuk dijadikan sebagai ladang promosi bisnis dan menerapkan social media marketing, TikTok juga dinilai sangat cocok untuk dijadikan sebagai wadah membangun personal branding atau membuat diri Anda menjadi lebih populer.

Belakangan ini mungkin Anda sering menjumpai artis-artis TikTok yang viral karena konten yang mereka buat, dan menjadikan mereka sebagai seseorang yang populer dan menjadi buah bibir di mana-mana. Ini salah satu pembuktian bahwa TikTok juga bisa dimanfaatkan untuk menjadikan diri Anda sebagai “artis” dengan cara yang instan. 

Ada banyak keuntungan yang bisa Anda peroleh jika Anda berhasil menerapkan social media marketing yang tepat dan membuat sebuah akun populer di TikTok dengan jumlah followers minimal 1.000, di antaranya adalah :

Memperoleh gaji dari TikTok untuk setiap postingan yang Anda buat

Setiap kali Anda posting, Anda bisa mendapatkan bayaran mulai dari 100 ribu hingga 300 ribu di setiap postingan. Jumlah ini tentu sangat lumayan, karena untuk mendapatkan uang dengan nominal sekian yang perlu Anda lakukan hanyalah membuat konten menarik dan memostingnya di media sosial TikTok.

Meraup keuntungan dari Live TikTok

Selain uang yang bisa Anda peroleh dari setiap postingan yang Anda buat, akun TikTok dengan jumlah followers 1.000 juga memiliki kesempatan untuk melakukan siaran langsung atau live. Di mana melalui siaran langsung ini Anda bisa mendapatkan ‘saweran’ atau hadiah dari orang-orang yang tertarik dengan konten live yang Anda sajikan.

Memperoleh endorse

Memperoleh endorse, juga menjadi salah satu keuntungan jika Anda memiliki akun media sosial TikTok dengan pengikut yang banyak. Dengan ini Anda akan mendapatkan bayaran tertentu dari brand atau pelaku usaha yang ingin mempromosikan produk mereka melalui akun Anda. Yang perlu Anda lakukan adalah membuat konten promosi produk tersebut dan mengunggahnya ke akun TikTok Anda.

Selain bisa menghasilkan uang, dengan memiliki akun TikTok yang populer otomatis Anda akan mendapatkan atensi yang lebih dari audiens dan followers yang mengikuti akun Anda. Setiap konten yang Anda bagikan akan banyak mendapatkan reaksi, komentar, dan engagement yang tinggi. Ini merupakan sebuah kebanggaan dan kepuasan tersendiri. 

Fitur Insight TikTok

Dengan melihat berbagai macam keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari akun TikTok yang dimanfaatkan untuk keperluan bisnis maupun personal branding, tentu Anda jadi tertarik untuk bisa mengembangkan akun TikTok Anda yang biasa menjadi akun yang populer bukan? Untuk mendapatkannya ada cara-cara yang harus Anda lakukan, yang pertama yaitu Anda harus mengecek terlebih dahulu tingkat engagement akun Anda dengan melihat dari fitur insight TikTok. 

Dengan melihat tingkat engagement akun, Anda akan mengetahui sejauh mana jangkauan yang bisa dicapai oleh akun TikTok tersebut dan strategi social media marketing apa yang cocok untuk diterapkan selanjutnya. Tingkat engagement bisa diukur dari data-data statistik yang disajikan dalam fitur insight.

Kegunaan fitur insight adalah untuk mengetahui karakteristik dari followers yang ada di akun Anda. Inilah mengapa fitur insight memiliki peran yang penting dalam usaha menerapkan strategi-strategi marketing di sosial media. Sedangkan untuk data-data yang tersaji dalam fitur insight ini antara lain :

  • Waktu prime time yang diperoleh dari data kapan saja waktu-waktu followers Anda aktif atau sedang menggunakan aplikasi TikTok.
  • Jumlah akun yang dijangkau dan yang melakukan interaksi dengan akun Anda di beberapa waktu terakhir. Ini bisa menjadi tolak ukur sejauh mana akun Anda dan konten yang Anda posting mendapatkan atensi dari pengguna lain di sekitar Anda. 
  • Jumlah akun yang mengunjungi profil Anda dalam beberapa waktu terakhir.
  • Jumlah pengikut atau followers baru Anda di beberapa waktu terakhir. 
  • Seberapa banyak postingan yang Anda bagikan mendapatkan reaksi seperti komentar, likes, share, simpan, dan lain-lain dari pengguna lain. 

Mengubah Akun TikTok Menjadi TikTok Pro atau Akun Bisnis

Fitur insight memang sangatlah berguna untuk mendukung strategi social media marketing. Namun sebagian besar sosial media menerapkan persyaratan khusus bagi penggunanya bila ingin mendapatkan fitur untuk mengakses insight. Di aplikasi Instagram misalnya, fitur insight hanya bisa dijangkau oleh akun yang sudah disetting dalam mode bisnis.

Begitu pun di aplikasi TikTok, fitur insight bisa diakses jika akun Anda berada pada mode TikTok Pro atau akun bisnis. Dengan kata lain fitur insight ini merupakan hak eksklusif yang bisa dimiliki oleh seseorang yang ingin memanfaatkan media sosial tersebut untuk tujuan bisnis atau untuk melakukan branding personal. 

Untuk menjadikan akun TikTok Anda menjadi akun TikTok Pro atau akun bisnis, maka bisa dilakukan dengan cara berikut ini :

  • Pertama, buka aplikasi TikTok di HP Anda, kemudian Anda harus melakukan login terlebih dahulu ke akun Anda. 
  • Ketika sudah masuk ke akun Anda, pilih halaman profil.
  • Pada bagian halaman profil, di bagian kanan atas Anda akan menemukan tombol tiga titik. Klik pada pilihan tiga titik tersebut. 
  • Selanjutnya Anda harus melakukan pengaturan pada akun TikTok Anda dengan memilih menu “manage my account”.
  • Di sini Anda memiliki pilihan untuk mengubah akun TikTok Anda menjadi akun pro atau akun bisnis. Pilihlah “switch to pro account” atau “switch to business account”.
  • Setelah itu Anda tinggal pilih kategori yang mewakili untuk jenis akun Anda. Apakah untuk kepentingan bisnis, atau yang lainnya.

Dengan mengubah akun TikTok Anda menjadi akun profesional ini bisa memberikan banyak keuntungan bagi Anda. Tidak hanya agar mendapatkan fitur untuk mengakses insight saja, namun juga bisa mempermudah Anda dalam melakukan strategi social media marketing lanjutan lainnya. 

Melihat Insight TikTok Secara Manual

Setelah mengubah akun TikTok Anda menjadi akun profesional, maka sekarang Anda sudah bisa mencoba untuk melihat insight akun Anda. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk melihat insight akun TikTok Anda.

Cara pertama adalah dengan menggunakan metode manual. Cara ini cenderung mudah dan bisa dilakukan tanpa bantuan tools tambahan. Berikut panduan yang bisa Anda ikuti untuk melihat insight TikTok secara manual.

  • Buka aplikasi TikTok, kemudian lakukan login ke akun TikTok yang hendak Anda cek insightnya. 
  • Setelah masuk ke akun, selanjutnya silakan kunjungi profil akun Anda tersebut. 
  • Jika sudah, silakan cari menu tiga titik di bagian kanan atas dari halaman profil Anda. Klik tombol tersebut untuk masuk ke menu selanjutnya. 
  • Di sini Anda akan diarahkan pada halaman pengaturan dan privasi akun. Langkah selanjutnya silakan pilih menu “alat kreator”.
  • Tampilan selanjutnya akan membawa Anda pada beberapa pilihan menu. Anda bisa memilih menu sesuai dengan jenis konten yang Anda miliki.
  • Jika sudah memilih menu, maka selanjutnya akan diproses untuk kemudian ditampilkan data insight dari akun Anda. Seperti pengikut akun TikTok, konten yang Anda bagikan, dan lain-lain. 

Melihat Insight TikTok dengan Tools

Melihat insight TikTok untuk menentukan strategi social media marketing bisa juga dilakukan dengan menggunakan tools baik itu aplikasi pendukung lain maupun tools yang disediakan oleh website secara online.

Kelebihan menggunakan bantuan tools untuk melihat insight alin TikTok adalah data statistik insight yang disajikan lebih lengkap dan detail. Selain itu caranya juga cenderung mudah, dengan mempraktikkan langkah-langkah berikut ini :

  • Temukan terlebih dahulu aplikasi atau situs web yang akan Anda gunakan untuk melihat insight akun TikTok Anda. Saat ini tools untuk melihat insight sudah banyak jenisnya. Anda bisa memilih tools yang paling populer dan paling banyak digunakan oleh pengguna-pengguna TikTok lainnya saat ini.
  • Untuk jenis tools dalam bentuk web, kunjungi situs webnya terlebih dahulu.
  • Jika Anda diminta untuk melakukan login, berarti sebelumnya Anda harus melakukan pembuatan akun terlebih dahulu untuk bisa melanjutkan proses selanjutnya. 
  • Setelah mendaftar akun dan login, selanjutnya Anda akan diminta untuk menaruh link profil akun TikTok yang hendak Anda lihat insightnya. 
  • Cara mendapatkan link profil TikTok ini adalah dengan membuka aplikasi TikTok Anda, kemudian masuk pada halaman profil. Pilih opsi bagikan profil. Maka link profil akan tersalin.
  • Selanjutnya tempel link profil yang sudah Anda salin tadi pada laman yang sudah tersedia di situs web. 
  • Tunggu sampai proses selesai dan data insight akun TikTok Anda akan segera ditampilkan. 

Tingkatkan Engagement Dengan SMM Panel

Untuk bisa melakukan strategi social media marketing yang sukses, Anda perlu memiliki tingkat engagement dan jangkauan yang bagus di akun TikTok Anda. Itulah mengapa Anda membutuhkan SMM Panel untuk membantu mengembangkan dan meningkatkan akun TikTok Anda. SMM Panel adalah sebuah wadah berupa website yang akan membantu Anda memaksimalkan engagement akun TikTok dengan berbagai fitur dan paket yang mereka tawarkan. 

Beberapa paket atau item yang bisa Anda peroleh dari SMM Panel untuk akun TikTok Anda antara lain :

  • Meningkatkan jumlah followers TikTok
  • Meningkatkan jumlah views untuk setiap konten yang Anda unggah
  • Meningkatkan jumlah likes untuk setiap konten yang Anda unggah
  • Menambahkan komentar dan interaksi di akun TikTok Anda
  • Menambah jumlah viewer TikTok live
  • Meningkatkan jumlah share TikTok

Selain beberapa item yang disebutkan tadi, masih banyak jenis item lain yang bisa Anda peroleh dari SMM Panel. Selain akun media sosial TikTok, SMM Panel juga bisa digunakan untuk berbagai akun media sosial lain. Misalnya seperti Instagram, Facebook, Twitter, Telegram, dan masih banyak lagi. Di sini Anda juga bisa meningkatkan akun marketplace seperti Shopee dan Tokopedia. 

Keunggulan SMM Panel

Mungkin Anda bertanya mengapa harus menggunakan SMM Panel untuk meningkatkan engagement akun media sosial TikTok Anda? Jawabannya tentu karena SMM Panel memiliki banyak keunggulan dibandingkan dengan strategi lainnya. 

Keunggulan pertama adalah, SMM Panel menawarkan cara instan menaikkan engagement dan insight media sosial Anda dengan cepat. Berbeda dengan cara organik atau manual yang pasti membutuhkan waktu yang lebih lama. Selain lebih cepat, hasil yang akan Anda terima dari strategi SMM Panel ini juga lebih pasti.

Keunggulan lainnya adalah dengan menggunakan SMM Panel, Anda bisa lebih menghemat budget dan juga tenaga. Menghemat budget tentu bisa Anda buktikan sendiri bila dibandingkan jika Anda menggunakan cara lain seperti membayar adsense atau memasang iklan di media sosial yang harganya tidaklah murah. Menghemat tenaga karena dengan memanfaatkan SMM Panel ini maka Anda tidak perlu lagi mengeluarkan upaya-upaya untuk memaksimalkan social media marketing, karena semuanya sudah bisa teratasi dengan bantuan layanan SMM Panel.

Artikel yang Direkomendasikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *